Daftar Isi | Pidato Perpisahan | Pidato Sambutan | Pidato Inggris | Pidato Sunda | Video Aneh | Video Lucu | Tips Sukses Program Makmur Bersama

Selasa, 01 Juni 2010

Contoh Naskah Pidato Pemanasan Global | Mengatasi Bahaya Pemanasan Global




Contoh naskah pidato ini silahkan Anda Copypaste tanpa harus minta ijin terlebih dahulu dari saya. Mudah sekali caranya dan Anda tidak perlu repot mengambilnya.


Contoh naskah pidato ini merupakan seuntai pemikiran saya dan mungkin Anda sangat membutuhkan tema pidato ini. BPanyak pula Contoh naskah pidato yang sudah saya buat sendiri dan tersebar di beberapa blog.

Coba cara ini!!
Buka MsWord - lalu copy paste ke dalam Ms Word yang telah Anda buka.

----------------------------
Inilah Contoh Naskah Pidato Pemanasan Global Anda
Dengan judul : Mengatasi Bahaya Pemanasan Global

Selamat pagi, sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang sudah mengumpulkan kita tanpa kekurangan satu apapun.

Yang terhormat Ibu guru pembimbing bahasa Indonesia,
dan semua teman – teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Kita semua tentu pernah mendengar kata globar worming yang sudah tidak asing lagi di bahas di berbagai media.

Pemanasan global atau global warming merupakan masalah serius yang sedang mengancam bumi kita saat ini. Salah satu akibat dari pemanasan global adalah rusaknya lapisan Ozon dan perubahan iklim yang tidak menentu.

Ozon adalah lapisan mantel bumi, yang berfungsi melindungi bumi beserta isinya dari sinar ultra violet secara langsung. Bisa dibayangkan jika tidak ada lagi lapisan ozon yang melindungi bumi, maka tidak akan ada lagi siklus kehidupan. Kalau boleh saya bilang dunia bakal kiamat.

Pernahkah kita semua memikirkan, bagaimana keadaan ozon saat ini? Menurut penelitian para ilmuwan dunia, lapisan ozon telah mengalami penipisan dari tahun ke tahun. Bahkan katanya saat ini sudah ada lubang ozon di dareah Arizona. Lubang ozon itu terbentuk karna adanya dampak dari pemanasan global (global warming), efek rumah kaca dan lainnya.

Bila ada lubamg ozon berarti di situlah sinar UV memancarkan sinarnya secara langsung, tanpa adanya penyaring (lapisan Ozon). Semua mahkluk hidup di bumi tidak akan mampu bersentuhan langsung dengan sinar UV tersebut. Cahaya matahari yang kita terima/rasakan setiap hari, sudah merupakan hasil penyaringan dari ozon. Sehingga sudah tidak bebrbahaya lagi bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya di muka bumi.

Perubahan iklim yang tidak menentu akibat dari pemanasan global sudah banyak dirasakan saat ini. Beberapa daerah di indonesia telah mengalami curah hujan yang sangat rendah sehingga terjadi krisis air (kekeringan). Sedangkan di dareah lainnya malah curah hujan yang sangat tinggi sehingga terjadi banjir dan tanah longsor.

Katakan Stop Global Warming, dan jadilah sahabat bumi.

Ibu guru pembimbing bahasa Indonesia Yang terhormat ,
dan semua teman – teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Global warming adalah suatu sejarah terburuk yg dialami oleh bumi sejak terbentuknya hingga sekarang. Saya tercengang sekali melihat akibatnya yang ditampilkan dalam film. Saya tidak menyangka akan seburuk itu. Yang berdampak terhadap seluruh kehidupan di muka bumi ini. Baik itu manusia, hewan hingga pada tumbuhan sekalipun.

Celakanya, Negara kita tercinta menduduki urutan ketiga penyumbang emisi gas CO2 terbesar setelah As dan Cina. Benar – benar telah mencoreng muka Indonesia di mata dunia Internasional. Bukan dari industri, melainkan dari pembakaran hutan yang saat ini sedang marak terjadi di Indonesia sejak tahun 1997 hingga sekarang.

Semua sudah terlanjur terjadi, mau apa lagi??? Menurut saya saat ini, yang bisa kita lakukan adalah mencari solusi agar pemanasan global dapat diperlambat, karena seperti yang saya dengar bahwa pemanasan global akan tetap terjadi.

Kalau untuk saya sendiri peran yang dapat kita berikan sebagai pengurang emisi gas CO2 di alam, yang dapat saya lakukan, dan menurut saya adalah solusi terbaik adalah memperbaiki pola kehidupan kita. Dengan cara yang mudah dan tentu saja real dan tidak terlalu muluk-muluk.

Misalnya,

  1. Berhemat energi. Seperti dalam penggunaan bahan bakar minyak, listrik (jangan pakai alat-alat elektronika kalau tidak jelas kebutuhannya).
  2. Menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Kalau hanya dekat, tidak perlu menggunakan motor atau mobil.
  3. Mengurangi pembakaran. Misal, pembakaran sampah, hindari pembakaran hutan.
  4. Penghijauan hutan
  5. Hindari penggunaan barang secara mubazir
  6. Untuk ekosistem laut, hindari perusakan karang dan pencarian ikan dengan merusak ( penggunaan bom atau semacamnya).
  7. Dan sebagai mahasiswa teknik Nuklir, saya sangat setuju sekali pembangunan PLTN, karena melihat kepentingan mengatasi Global warming
Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.

Sekian dari saya.
Wabilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum wr.wb
Wassalamualaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

Dapatkan Contoh naskah pidato lainnya disini.

4 komentar:

  1. saya suka dengan pidato anda, tapi jika dipikir2, pembangunan PLTN tidak begitu menguntungkan, karna jika terjadi kerusakan atau kebocoran maka bahan radioaktif itu akan membahayakan manusia seperti yang terjadi di ledakan PLTN cernobil yang membuat manusia mengalami kenainan gen , karna bahan radioaktif yang masuk dalam tubuh dan mengakibatkan kerusakan kromosom..
    membuat kromosom manusia menjadi membelah terus, dan sampai pada keturunannya juga....
    jika bisa dari pada mengupayakan pembangunan PLTN mending mengupayakan pembangunan PLTA, karna indonesia termasuk negara perairan..:)

    BalasHapus
  2. Bukan pemansan global yang mau saya cari tetapi naskah pidato yang mencintai bumi

    BalasHapus